Rainbow~

Rainbow~

15 Mar 2019

Apakah Cashback itu Riba?

Siapa yang gampang banget tergoda csahback nih?? Sekarang Ovo, Gopay, Dana, dan uang virtual lainnya gencar banget promosi cashback! Dari 20% sampe 60 % beuh siapa yang gak ngiler kalo dapet cashback sebesar itu.

Tapi ..eh tapi...cashback bentuk virtual gini termasuk Riba bukan ya?




Sebelum cari tahu jawabannya, yuk cari tahu tentang Riba dulu!

Sungguh Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. (QS al-Baqarah [2] : 275) 



Mengapa Riba haram? 


Sistem riba amat menyengsarakan dan mencekik leher kaun dhuafa (lemah). Kehidupan mereka yang serbakurang, justru semakin tercekik oleh pemberian utangan dari kaum yang kuat dan bermodal. 


Memang dengan prosedur yang tidak berbelit-belit, mereka dengan mudahnya dapat menerima pinjaman dari kaum pemilik modal. 


Tapi, pertama kali menerima uangnya saja sudah dipotong, sehingga mereka tidak dapat menerima sejumlah uang yang tertera pada perjanjian utang piutang.


Sumber


Apa Akibat Riba?

Begitu kejinya praktik riba sehingga Rasulullah SAW melaknatinya. Tidak hanya si pemakan riba yang dilaknat, tetapi setiap orang yang terlibat perjanjian riba itu. Sebagaimana Abdullah bin Mas'ud ra telah berkata, "Rasulullah SAW melaknati pemakan riba, orang yang mewakili (perjanjian)-nya, kedua saksi (perjanjian)-nya dan pencatat." (HR Muslim dan Tirmidzi).

Pelakunya diancam dengan rupa-rupa hukuman, baik di dunia maupun kelak di akhirat.




Orang yang memakan Riba seperti orang kesurupan


Pada ayat lain, yakni surah al-Baqarah: 125, Allah memberikan perumpamaan bagi pelaku riba. "Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka berkata, sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba."


Orang yang melakukan Riba seperti menikahi ibunya sendiri??


Nabi Muhammad SAW bersabda, "Riba itu memiliki 70 pintu. Yang paling ringan adalah seperti seseorang yang menikahi ibunya sendiri. Sedangkan yang paling berat adalah seseorang yang senantiasa merusak kehormatan saudara Muslimnya."


Dosa Riba lebih besar dari dosa Zina sebanyak 36 kali??


Dalam riwayat Anas disebutkan, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Satu dirham yang didapat oleh seseorang dari hasil riba itu lebih berat daripada berzina sebanyak 36 kali, dalam pandangan Islam.'


Sumber



Ngeri dehh kalau cari tahu tentang dosa Riba, berkali-kali disebut di AlQuran dan hadist Rasul.

Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah cashback itu termasuk riba?

Bagaimana Islam memandang cashback dari penggunaan uang virtual? Menurut pakar fikih dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) Ustaz Oni Sahroni, promosi berupa cashback itu diperbolehkan dengan syarat-syarat. Dalam hal ini, cashback bisa terjadi dalam transaksi jual beli, sewa, atau bagi hasil.
"Maka cashback diperkenankan dalam Islam dengan syarat bukan modus pinjaman berbunga, dan ada kejelasan harga barang diperjualbelikan," kata Ustaz Oni Sahroni kepada Republika.co.id, Jumat (15/3).



Fiuhh..aman deh ngejar cashback. Meskipun bukan termasuk Riba, jangan sampai membeli apapun hanya karena cashback yaa! Meskipun terasa gak mengeluarkan uang fisik, tetep aja itu uang kita juga yang diubah bentuk. Harus hemat dan perbanyak sedekah :).

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: